Aglaonema Lipstick Manee Lomphet

Induk ML
Indukan Manee Lomphet

Anakan
Anakan Manee Lomphet

Saya membeli tanaman ini dari Pak Awang, pemilik An Nisa Flora Jakarta pada bulan Agustus 2005. Waktu itu saya beli 2 jenis lipstik, yaitu lipstick golden yang jadi seperti di atas, dan lipstick klasik yang kemudian dikenal menjadi lipstick puding.
Saat ini lipstick golden a.k.a manee lomphet yang saya beli sudah menjadi indukan, namun belum banyak anakan yang dihasilkan, baru satu, itupun berasal dari stek bonggol. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh kondisi tanaman, lingkungan sekitar dan cara perawatan.
Tiga bulan terakhir, tanaman yang semula ada di teras lantai 2, dipindahkan ke kandang yang memperoleh sinar matahari penuh, dan terlihat perkembangan menjadi lebih bagus, ditunjukkan oleh warna daun dan ukurannya yang lebih besar.

Lipstick jenis ini merupakan hibrida asal Thailand, termasuk liptick daun lebar, dengan warna warna kuning di daunnya. Sangat adaptif dengan lingkungan di Indonesia, mudah perawatannya dan mudah beranak. Dalam setahun, lipstick ini bisa menghasilkan anakan 2-8, kalau lingkungannya sesuai dan perawatannya benar.

Advertisements