Arabicum Silangan Lokal

Biji Lokal
Biji BG x TS waktu datang, 15 Januari 2008

Pada tanggal 15 Januari 2008, saya membeli 10 biji BG x Thai Soco dari Boss HQ. Biji ini merupakan hasil silangan Mr. Yusniar Basuki, pemilik Botanica Garden Jogja.
Sebelum disemai, biji saya rendam sebentar dalam air, kemudian saya tanam dalam pot dengan media sekam bakar + kompos taspu [tandan sawit]. Pot saya taruh di kamar mandi, eh dekat wastafel ding sampai tumbuh dua daun. Dari sepuluh biji yang saya tanam, tumbuh 100%.

Biji Lokal
Seedlings BG x TS 9 Februari 2008

Setelah keluar dua daun, pot saya pindah ke teras, terkena sinar matahri pagi sampai jam 9. Saat ini dah daun 4 mau keluar daun keenam. Pertumbuhannya relatif cepat dibandingkan dulu saya tanam satu pot rame-rame.

Dulu saya pernah menanyakan ke Mr. GK apa untungnya nyemai biji made in lokal, sayang beliau tidak berkenan jawab. Sekarang, saya bisa merasakan manfaat biji made in lokal, a.l:
1. Biji lebih fresh, tingkat germinasi bagus.
2. Indukannya bisa di cross cek dengan penyilangnya.
3. Perputaran uangnya di dalam negeri sendiri, bisa menjadi salah satu alternatif mata pencaharian tambahan bagi petani a.k.a breeder.
4. After sale service-nya lebih bagus, kalau mau komplain yang dikomplain juga ada.
5. Harga bisa lebih murah, karena ndak perlu ongkos import, phito sanitary dsb.

Hanya, kontinuitas stok masih belum terjaga, mungkin karena sedikitnya indukan dan penyilang. Ndak tahu ini merupakan kelemahan atau ceruk eh peluang buat calon2 penghasil biji Arabicum?