Black Giant

Black Giant

Arabicum Black Giant merupakan salah satu tanaman idaman saya. Saya ingin memiliki yang agak besar untuk menjadi indukan penghasil biji. Kebetulan akhir januari 2008 kemarin, Om Tetra memberitahu kalau ada petani di Gresik yang akan melepas 10 black giant ukuarn 5-7 inch secara borongan @ 350K. Saya kemudian menghubungi Wak Sutan yang sedang di Jogja. 10 tanaman kemudian kami bli ramai-ramai, saya 2, Om Tetra 3 dan Wak Sutan 5. Tanaman saya kemudian dikirim ke rumah Jogja.
Menurut Om Tetra, dari 10 BG yang dijual kemarin, ada 2 macam yang satu coklat kehitaman dan hijau tua kecoklatan. Gambar yang diatas jenis yang coklat kehitaman.

Menurut Mr Chochart, karakter special dari Black Giant adalah cabang-cabangnya berwarna hitam dan memiliki banyak ranting pada setiap cabang khususnya dibagian atas. Kulit batang berkerut seperti kulit gajah tua. Bunga berwarna pink tua sampai meerah. Beberapa tanaman memiliki caudex berwarna kuning.
Kebanyakan cabang-cabangnay berwarna hitam, dan caudexnya bisa hitam atau coklat tua.

Daun kelihatan berbeda dari arabicum lainnya. Daun melengkung keatas. Tulang daun kelihatan jelas dengan warna putih atau kadang-kadang merah, daun berwarna hijau muda dan tebal.

Duo
Duo van Suroboyo