Yak Kaset

Arabicum

Tanaman ini saya beli dari Mas Fendi Saliem pada bulan Agustus 2006 di Pameran Flona Fauna Lapangan Banteng. Tanaman saya beli seharga 40K, dengan besar seukuran ibu jari, masih bantang tunggal dan belum bercabang. Tanaman kemudian saya bawa ke Jogja, dan merupakan salah satu koleksi arabicumku yang pertama.

Selama ini saya menyebutnya sebagai arabicum saja, sampai tadi sore saya menanyakan namanya ke Mr Choochart -pemilik Siam Adenium-. Menurut dia, arabicum ini namanya Yak Kaset, dengan bentuk tower style yang bagus.

Di http://www.siamadenium.com, disebutkan ciri-ciri Yak Kaset sebagai berikut:
1. Merupakan salah arabicum yang unik dan spesial dengan daun bulat tidak seperti Thai Arabicum yang lain. Daun hijau muda dan tulang daun jelas. Kebanyakan daunya berbulu dan melipat kebawa dan lebih tebal dari lainnya.
2. Batang berwarna hiaju segar dan memiliki tonjolan disekitar cabang.
3. Bunga berwarna merah muda dan sedikit tercampur dengan orange. Beberapa petal bertepi keriting.

Yak Kaset temasuk arabicum langka, dan beruntung saya memilikinya. Tanaman ini merupakan salah satu favorit saya di Jogja, dengan bentuk tower style yang menawan, mudah-mudahan tanaman ini bsia berkembang dengan baik dan menghuni rumah pribadi saya.. someday.