Rupa rupi BG

Tahun lalu, saya berniat membeli Black Giant di Pameran Flona Lapangan Banteng. Dengan diantar Bu Wellisia, saya muter-muter Lapangan Banteng untuk mencari Black Giant. Akhirnya dapat di salah satu stand, seedling BG masih kecil-kecil. Saya beli beberapa batang untuk saya bawa pulang ke rumah Jogjess. Harga perbatanganya 50K, discount jadi 40K. Mimpi saya untuk memiliki Black Giant pun mekar seiring dengan berjalannya waktu, memiiki arabicum hitam seperti di sini http://www.siamadenium.com/Arabicum/BG/index.htm.

BG 1
BG Flona (klick 2 enlarge)

Seiring dengan berjalannya waktu, impian saya pupus. Karena BG yang saya beli tidak langsung menampakkan batang hitam, lebih dari setahun kemudian baru mulai nampak tanda-tanda abtangnay berwarna kecoklatan. Dari beberapa teman saya baru tahu kalau ada kualitas BG. Dan BG yang saya beli di Flona mungkin bukan BG grade A.

BG 1
BG Mas Tetra (klick 2 enlarge)

Seolah mengerti dengan kegalauan hati saya, Mas Tetra, salah satu teman milis, membawakan saya oleh-oleh Black Giant sewaktu beliau datang JFG. Sebuah oleh-oleh yang manis, BG kecil, diameter kira-kira 2 inch, dengan warna batang hitam kecoklatan, dan bercabang tiga. Mimpi memiliki BG yang bagus akhirnya kesampaian juga. Thanks Mas Tetra.

BG 1
Seedlings BG (klick 2 enlarge)

Saya kemudian juga mulai menyemai beberapa biji BG, bijinya saya perolah dari suplier biji di Surabaya dan Jogjess. Sayangnya, seedlings yang dari surabaya sempat stagnan karena terserang tungau waktu ditaruh di bawah rumah plastik. Untungnya masih ada beberapa yang selamat dan mulai tumbuh, meskipun agak bantet. Sedangkan seedlings yang dari Jogjes juga tumbuh dan berkembang baik karena tidak terserang tungau.

BG 1
Seedling BG (klick 2 enlarge)

Sepengamatan saya, pada umur 4-5 bulan, beberapa seedling sudah ada yang berwarna kecoklatan, sebagian yang lain masih hijau batangnya. Mudah-mudahan semuanya menjadi BG, bukan karena bijinya tercampur dengan arabicum yang lain. Atau mungkin juga, biji yang berasal dari BG tidak semuanya menjadi BG, ada yang menjadi arabicum jenis lain karena BG bukan arabicum galur murni.

Dan rasanya Black Giant memang termasuk salah satu arabicum yang layak untuk dikoleksi. Bagaimana dengan Anda? Kalau saya sih masih pingin punya BG yang kontes form. Hopefully someday.

salam,
sul