Hookeri Tulang

Hookeri tulang
Hookeri Tulang (klick 2 enlarge)

Anthurium ini saya beli di salah satu nursery di Pekanbaru beberapa bulan lalu, waktu itu baru satu daun dengan harga 125K. Waktu itu saya sedang hunting tanaman dan media dengan Bang Novzar. Bang Nov banyak membeli seedling adenium, sementara saya tertarik dengan anthurium ini.

Oleh penjualnya, anthurium ini dinamai hookeri jati, sementara oleh salah satu rekan di milist anthurium@yahoogroups.com disebut sebagai hookeri tulang. Penamaan hookeri tulang mungkin mengacu kepada tulang daun utamanya yang menonjol dan tulang2 menjarinya yang kelihatan nyata.

Anthurium ini sempat stagnan satu daun cukup lama, sampai 2 bulan yang lau daun kedua mulai muncul yang diikuti daun ketiga dan keempat, sehingga saat ini dah kelihatan bagus. Teman saya, Purbo, sewaktu pertama kali datang ke Minas, dan melihata tanaman ini bilang, “taneman kaya kencur wae kok larang to Mas?”. Beberapa hari yang lalu, saya lihat di nursery itu lagi, 2 daun dah dibandrol 750K.

Hookeri tulang
Hookeri Tulang Indukan (klick 2 enlarge)

Sewaktu membeli, saya juag sempat mengambil gambar hookeri “jati” a.k.a hookeri tulang milik nursery itu, yang kemungkinan merupakan indukan split dari hookeri saya ini. Cukup bagus. Mudah-mudahan hookeri saya ini kelak bisa sebagus milik nursery itu (yang sekarang sudah terjual).

salam,

sul