Cryspum (hybrid) van Omah Plastik 

Saya memperoleh Cryspum ini dari sohib saya Wak Sutan MRN. Waktu itu beliau bersama dengan rekans room KKS habis memborong bonggol bawah di Ciledug, saya minta beliau mengirim beberapa bonggol yang mempunyai ciri-ciri cryspum. Oleh Wak Sut, saya malah dikirimi Cryspum semaiannya yang bijinya dibeli dari Jocelyn Nursery Surabaya. Cryspum dikirim bersamaan dengan seedlings Yak Amerika.

Cryspum
Cryspum & Yak Amerika (klick 2 enlarge)

Saya surprised ketika menerima paket kirimannya, karena Cryspum dan Yak Amerikanya dah bagus, sehat dan banyak cabang. Tanaman kemudian saya repoting dengan media dan pot bekas dipakai untuk aglaonema dan menjadi bagian dari 5 koleksi awalku.

Cryspum
Bunga Cryspum (klick 2 enlarge)

Bulan puasa kemarin, cryspum menunjukkan tanda-tanda akan berbunga, dan saya sempat khawatir kalau bunganya mekar saat saya mudik lebaran. Untungnya, pas saya balik e Minas bunganya belum mekar dan saya sempat menyaksikannya mekar. Sangat indah…. dengan warna dasar outih pink dan garis-garis merah yang tegas. Menurut Bang Zai, agak mirip dengan kiss me quick, salah satu keturunan cryspum yang menjadi incaran saya. Menurut mBak Tharie, look like seperti kmq juga. 

Cryspum
Pohon Cryspum (Klick 2 enlarge)

Cryspum ini, mempunyai daun yang kecil2 dan memanjang seperti umumnya cryspum, dengan cabang yang agak lentur.

Terima kasih Wak Sutan, akhirnya mimpi saya untuk mempunyai Cryspum kesampaian, original dan bunganya indah lagi.

salam,

sul