Philo Eceng Gondok

Mimpi saya memiliki philo eceng gondok akhirnya kesampaian juga. Kemarin siang, saya dan Bang Nov datang ke nursery batang babungo di jalan Sudirman, Pekanbaru. Niat awalnya membeli pasir malang dan pupuk kandang untuk media adenium 15K yang akan datang minggu depan.

Namun saya tertarik dengan 3 philo eceng yang ada di nursery itu. Menurut penjualnya philo eceng kw 3. Setelah itung2an budget, akhirnya saya memutuskan untuk membeli salah satu philo eceng itu, dan saya memilih yang daunnya agak lebar. Perbandingan lebar dan panjang daun kira-kira 1:1,5.

Philo Katak
Philo Eceng Gondok (klick 2 enlarge)

Empat daun terakhir, lebih kecil dibanding dengan daun-daun sebelumnya, kemungkinan karena daun itu tumbuh setelah bonggol induknya di cacah untuk perbanyakan. Sebagai penggemar pemula philo, saya tidak tahu apakah philo ini dengan daun 9 buah kemahalan apa tidak dengan harga 450K.

Mudah-mudah philo ini betah menjadi anggota koleksi saya, dan suatu saat berkembang biak. Dan mudah-mudahan suatu saat saya juga bisa naik kelas dengan mengoleksi philo eceng kw1 seperti Kang Andri.

Philo Eceng Gondok
Philo eceng kw 1 Kang Andri (klick 2 enlarge)

wassalam,

sul