Spike a.k.a Gothic

Awal tahun ini saya minta tolong teman untuk membelikan Gothic ~adenium bunga hitam~ di Botanica Garden milik Mas Yus Genjoz. Oleh teman saya ~Ucup~, dibelikan Gothic yang berbonggol mirip kadal, makanya awalnya diberi nama “jogjess kadalensis”.

Jogjess kadalensis
Jogjess kadalensis (klick 2 enlarge)

Bulan Mei 2007, tanaman ini saya titipkan di Kondhang Nursery, jalan Ketandan Kulon Jogja untuk dipotong-potong entresnya. Batang bawah yang berbentuk seperti kadal ternyata mempunyai akar yang panjang, yang kemudian dipotong seperti perlakuan membentuk akar gurita, dan dipindah ke pot yang lebih bagus.

Spike
Spike (klick 2 enlarge)

Lebaran kemarin, saya dan keluarga sempat ke Kondhang Nursery, melihat keadaan gothic berbonggol kadal. Anak saya, Afa melihat tanaman ini, langsung bilang ke ibunya, ini “spike milik Dede'”.
Spike merupakan salah satu karakter dinosaurus di film kartun  the land before time (http://en.wikipedia.org/wiki/Spike_%28The_Land_Before_Time%29).

Afa dan Spike
“Bu, ini spike Dede’ ” kata Afa (klick 2 enlarge)

Rasanya tidak rugi membeli Gothic seharga 350K yang memiliki bonggol seperti ini. Tanaman ini juga pernah dimuat di hal 6 buku “Membentuk dan Merawat Adenium Gaya Bonsai” terbitan Agromedia.

salam,

sul